Hello Gundam Lovers

Welcome in ORB SPACE

Kamis, 06 Januari 2011

Final Fantasy VII Advent Children (2006)


Final Fantasy VII: Advent Children (ファイナルファンタジーVII アドベントチルドレン ,Fainaru Fantajī Sebun Adobento Chirudoren?) adalah sebuah film animasi komputer 3D yang diadaptasi dari permainan PlayStation yang sangat sukses, Final Fantasy VII. Film ini mengambil setting dua tahun setelah kejadian pada permainan Final Fantasy VII, dalam dunia pasca-bencana yang sedang dalam masa pemulihan, dan bercerita tentang petualangan tokoh protagonis utama Cloud Strife dalam usahanya mengungkap penyebab dari wabah misterius bernama Geostigma yang menyebar ke seluruh planet Gaia. DVD dan UMD pertamanya yang dirilis pada tahun 2005 diisi suara Jepang. Versi NTSC dan PAL berbahasa Inggris dirilis pada tanggal 25 April 2006. Di Indonesia, DVD dan VCD-nya telah dirilis pada tanggal 29 Juli 2006. Soundtrack film ini disusun oleh Nobuo Uematsu, Kenichiro Fukui, Keiji Kawamori dan Tsuyoshi Sekito, dirilis pada tanggal 28 Septemb
er 2005.

Ada dua edisi khusus pada DVD versi Jepang yang dirilis yaitu, "First Print Limited Edition" (Cetakan Pertama Edisi Terbatas) dan "Advent Pieces: Limited". "Advent Pieces: Limited" berisi semua yang ada dalam "First Print Limited Edition" beserta bonus-bonus tambahan lainnya.

Advent Children merupakan judul pertama yang diumumkan dalam Compilation of Final Fantasy VII, dan menerima penghargaan Honorary Maria Award pada Festival Internacional de Cinema de Cataluña tanggal 15 Oktober 2005.

Final Fantasy VII: Advent Children telah diberikan rating PG-13 di Amerika Serikat oleh Motion Picture Association of America untuk "adegan aksi fiksi ilmiah dengan unsur kekerasan", walaupun film ini tidak pernah ditayangkan di bioskop Amerika (berbeda dengan film CGI Final Fantasy: The Spirits Within yang tampil di bioskop).



Sutradara
Tetsuya Nomura
Takeshi Nozue
Produser
Yoshinori Kitase
Shinji Hashimoto
Penulis
Kazushige Nojima
Pemeran
Jepang:
Takahiro Sakurai
Showtaro Morikubo
Ayumi Ito
Maaya Sakamoto
Amerika Serikat:
Steve Burton
Steve Staley
Rachael Leigh Cook
Mena Suvari
http://id.wikipedia.org/wiki/Final_Fantasy_VII:_Advent_Children#Kredit
Musik oleh
Nobuo Uematsu
Keiji Kawamori
Kenichiro Fukui
Tsuyoshi Sekito
Sinematografi
Yasuharu Yoshizawa
Penyunting
Keiichi Kojima
Studio
Square Enix
Distributor
Square Enix (rilis Jepang)
Sony Picture (rilis internasional)
Durasi Versi teater:
101 menit
Versi sutradara:
125 menit
Negara
Jepang
Anggaran
US$100 juta


Sinopsis

Dua tahun setelah kejadian di Final Fantasy VII, pemulihan atas kerusakan pada planet Gaia akibat Meteor yang hampir menghancurkan sang planet mulai diupayakan, saat itu penduduk Midgar yang berhasil bertahan hidup mendirikan sebuah kota baru di bagian luar kota Midgar (kota itu bernama Edge). Namun, munculnya sebuah penyakit yang disebut Geostigma (星痕症侯群 ,Seikon Shōkōgun?, lit. Sindrom Luka Planet), membuat penghuni planet Gaia menderita akibat penyebarannya yang sangat cepat, terutama anak-anak yang paling rentan terhadap penyakit berbahaya ini.

Setelah pertempurannya dengan Sephiroth, Cloud Strife mendirikan jasa pengantaran barang miliknya sendiri, "Jasa Pengiriman Strife" (Strife Delivery Service), dengan bantuan Tifa Lockhart. Marlene Wallace (anak adopsinya Barret Wallace), telah dipercayakan pada Cloud dan Tifa, dan bersama mereka juga tinggal seorang anak yatim piatu yang bernama "Denzel". Sekarang mereka semua tinggal di Edge, di sebuah bar yang baru didirikan oleh Barret, Cloud dan Tifa (mereka sepakat menamainya Seventh Heaven, seperti nama bar milik Tifa yang telah hancur sebelumnya). Sayangnya, Cloud dan Denzel hanyalah dua dari sekian banyak penderita Geostigma. Karena hal ini dan keyakinannya bahwa dia tidak sanggup melindungi orang-orang yang dia sayangi, Cloud mengasingkan diri, dia ingin melarikan diri dari rasa bersalahnya karena tidak sanggup melindungi orang-orang yang ia sayangi.

Sekelompok Turks yang sedang mencari "kepala Jenova" di Northern Crater diserang oleh musuh misterius. Yang berhasil lolos dari penyerangan itu hanya Reno seorang, dia berhasil menemukan "kepala Jenova" yang mereka cari sekaligus membawanya pergi ke tempat Rufus Shinra. Sedangkan dua orang sisanya, yaitu Tseng dan Elena tertangkap oleh kawanan misterius itu.

Di lain hari, Cloud diserang oleh tiga orang misterius berambut perak yang ingin mencari tahu keberadaan "Ibu" mereka. Di saat Cloud mulai terdesak akibat penyakitnya (Geostigma) kambuh, membuatnya hampir menemui ajal akibat serangan Shadow Creeper, sang pemimpin dari kelompok penyerang memberi tanda untuk menghentikan penyerangan tersebut, dan kemudian mereka pergi begitu saja karena mereka masih punya tugas lain. Berharap mendapatkan informasi mengenai penyerangnya, Cloud memenuhi panggilan dari Rufus, pimpinan dari Shin-Ra Company. Dalam pertemuan itu, Rufus mengakui bahwa dialah yang bertanggung jawab atas kerusakan di dunia dan meminta Cloud untuk menjadi bodyguard guna melindunginya dari tiga pemuda berambut perak yang dipimpin oleh Kadaj. Cloud menolak tawaran itu. Setelah Cloud pergi, Kadaj datang menerobos masuk ke dalam tempat rehabilitasi milik Rufus itu dan langsung melumpuhkan kedua bodyguard Rufus dengan mudah. Kadaj ingin menanyakan langsung pada Rufus di mana sebenarnya Ibunya berada, menunjukkan bahwa yang dimaksud "Ibu" mereka itu adalah sisa-sisa Jenova, yang berhubungan dengan penyebaran wabah Geostigma. Dia juga memberitahu bahwa dia dan juga kedua saudaranya, Yazoo dan Loz — yang kesemuanya merupakan "bagian" dari jiwa dan kehendak Sephiroth — sedang merencanakan Reunion yang akan mendatangkan bencana pada Planet itu sendiri.

Yazoo dan saudara-saudaranya mulai mengumpulkan anak-anak yang terinfeksi oleh Geostigma sekaligus mencari tahu keberadaan Ibu mereka. Loz yang kebetulan datang ke gereja milik Aerith Gainsborough (di mana Tifa dan Marlene yang masih berada di sana untuk menunggu Cloud datang ketempat itu) bertarung dengan Tifa. Tifa kalah oleh semacam tehnik Limit Break milik Loz. Kemudian Loz membawa Materia simpanan Cloud dan Marlene ke Forgotten City milik para Ancients, tempat di mana Kadaj dan saudara-saudaranya mengumpulkan anak-anak yang terinfeksi Geostigma (termasuk Denzel, dan Marlene yang tidak terinfeksi). Cloud berusaha menolong anak-anak itu tapi gagal, dia diselamatkan oleh Vincent Valentine. Vincent memberitahu Cloud apa yang para pemuda misterius itu cari dan hal itu bisa mengakibatkan kembalinya Sephiroth. Dia juga menerangkan bahwa Geostigma disebabkan pengaruh kekebalan tubuh seseorang yang bekerja untuk melawan pengaruh sel Jenova. Vincent juga telah menyelamatkan Tseng dan Elena yang ditangkap gerombolan Kadaj di Northern Crater. Setelah cukup lama berpikir dan diberi pengertian oleh Marlene (dia berhasil melarikan diri dari kelompok Kadaj). Cloud yang telah sadar dari kekeliruannya selama ini setuju untuk kembali Edge dan dengan kepercayaan dirinya bertekad menghadapi Kadaj dalam pertarungan.

Keesokan harinya, di kota Edge, ketiga penjahat berambut perak itu mulai mengacaukan kota. Yazoo memanggil "Shadow Creeper", sementara Kadaj memanggil "Bahamut SIN/SHIN". Dengan bantuan anggota Final Fantasy VII lainnya (Tifa, Barret, Red XIII, Cait Sith, Yuffie Kisaragi, Cid Highwind dan Vincent), Reno dan Rude berusaha meredakan situasi sampai Cloud datang, dan secara bersamaan menghadapi Yazoo, Loz dan makhluk-makhluk yang muncul dalam pertarungan. Melalui kerjasama tim, Cloud dan teman-temannya berhasil mengalahkan semua monster.

Saat Kadaj sedang melihat pertarungan itu di bangunan yang letaknya tidak jauh dari area pertempuran, Rufus menunjukkan pada Kadaj, bahwa selama ini Rufuslah yang membawa sisa-sisa Jenova dalam sebuah kotak, yang kemudian dilemparkannya begitu saja dari pinggiran bangunan (Kadaj dan Rufus berada di lantai atas bangunan tersebut). Kadaj langsung melompat untuk meraih kotak itu, dan walaupun ia berhasil meraih kotak tersebut, peluru yang ditembakkan oleh Rufus sempat menyerempet kotak itu sehingga merusak isinya. Sebelum Kadaj sempat melihat isi kotak tersebut, dia melihat Cloud dikejauhan sedang mengejarnya dengan motor Fenrir-nya. Kadaj beserta kedua saudaranya segera menaiki motor milik mereka dan kejar-mengejar terjadi di jalan raya bertingkat yang sedang direnovasi, dalam pengejaran ini, Yazoo dan Loz berhasil dikalahkan Cloud, mereka tetap bersikeras mengejar walaupun senjata mereka telah dihancurkan, ini mengakibatkan mereka terkena ledakan bom yang dipasang oleh Reno dan Rude.

Pengejaran antara Cloud dan Kadaj berlanjut sampai membawa mereka ke reruntuhan Midgar, melalui gereja tua milik Aerith, di sana Kadaj sempat melihat isi kotak itu, dia menangis dan menjerit saat melihat isi kotak yang berisi sisa-sisa Jenova itu telah rusak akibat tembakan Rufus. Lalu karena serangan Materia-nya Kadaj mengenai lantai gereja, muncullah air yang mengalir deras yang merupakan perwujudan Lifestream yang menyembuhkan Cloud dari penyakit Geostigma yang bersarang di lengan kirinya. Karena air ini berfungsi untuk melenyapkan sel Jenova dan segala macam unsur-unsur jahat, Kadaj yang terkena percikan air ini segera lari menjauh menuju pusat kota Midgar. Kini, dengan sembuhnya Cloud dari Geostigma, dia sanggup menandingi Kadaj dalam pertarungan satu lawan satu, dan pada akhirnya dia berhasil mengalahkan Kadaj dengan salah satu tehnik Limit Break miliknya, Finishing Touch. Saat pertarungan sudah hampir berakhir, Kadaj membuat Cloud memotong kotak yang berisi sisa Jenova, yang kemudian sisa-sisa Jenova itu diserap oleh tubuh Kadaj. Sebelum Cloud sempat mencegahnya, Kadaj telah berubah menjadi musuh bebuyutannya, Sephiroth.

Setelah melalui pertarungan yang sengit, Cloud kalah dan Sephiroth menanyakan apa yang paling berharga bagi dirinya, agar dia mendapat kesenangan dengan melenyapkannya dari dunia ini. Kata-kata itu membuat Cloud marah dan mengatakan bahwa semua yang ada di dunia ini berharga baginya. Cloud memisahkan pedang kombinasi miliknya, First Tsurugi (First Sword) menjadi enam pedang terpisah, dengan keenam pedang itu, Cloud melancarkan Limit Break baru, yang dinamai Choukyuu Bushin Hakazan Version 5 (untuk versi Inggrisnya bisa disebut Omnislash Version Five), variasi dari Limit Break terkuat Cloud di Final Fantasy VII, yang langsung mengalahkan Sephiroth.

Sephiroth menghilang, meninggalkan Kadaj yang tubuhnya melemah. Saat itu roh Aerith mulai menyebarkan hujan penyembuh (Great Gospel) yang menyembuhkan seluruh penderita Geostigma, termasuk Rufus. Kemudian Aerith meminta Kadaj untuk beristirahat, dan karena percaya bahwa suara Aerith yang didengarnya merupakan suara "Ibu"nya, dia merelakan dirinya terbawa oleh Lifestream. Sebelum mereka bisa merayakan kemenangan ini, Cloud tertembak dari belakang oleh Yazoo yang sedang bersama Loz, yang tengah terkikis oleh hujan penyembuh itu. Yazoo dan Loz mempersiapkan satu tembakan energi Materia terakhir untuk Cloud, mengakibatkan ledakan besar yang melenyapkan tubuh mereka sekaligus melukai Cloud.

Cloud terbangun di gereja tua milik Aerith, dikelilingi oleh teman-temannya beserta penduduk Edge. Semuanya bersuka cita atas kemenangan ini. Cloud lalu melihat Aerith sedang berbicara dengan anak-anak kecil. Kemudian Aerith berjalan menuju pintu keluar, membalikkan badan dan mengatakan bahwa Cloud baik-baik saja, kemudian dia dan Zack melangkah menuju sinar putih terang. Cloud tersenyum, sembari mengatakan dia sudah tidak sendirian lagi.


Perilisan Dan Pemasaran

Awalnya, film Final Fantasy VII: Advent Children dijadwalkan untuk dirilis secara bersamaan pada September 2005 di Jepang dan Amerika Utara, dengan Jepang mendapatkan sebuah rilis spesial versi DVD dengan lebih banyak bonus dan berbagai macam koleksi daripada rilis Amerika Utaranya. Bahkan situs resmi dari Advent Children mempunyai jam hitung mundur, yang menampilkan hari, jam, menit dan detik sampai tanggal perilisan.

Namun, sehari sebelum perilisan, Square Enix mengubah tanggal perilisan menjadi "November 2005". Tanggal perilisan berubah lagi dari November ke Januari, dan akibat tanggal perilisannya sering berubah, jam hitung mundur itu dihilangkan dari situs resmi Advent Children dari Amerika Utara.

Dari sebuah artikel di situs The Digital Bits, disebutkan bahwa penundaan itu disebabkan karena dibutuhkan waktu lebih untuk melengkapi suplemen-suplemen bonus. Akhirnya, pada tanggal 13 Februari 2006 pada artikel IGN.com, diterangkan bahwa tanggal 25 April 2006 merupakan tanggal rilis baru di situs resmi dari Amerika Utara. Pada hari berikutnya, di situs lain (1up.com), tanggal perilisan itu dikonfirmasi lagi, bersamaan dengan pengumuman pengisi suara versi Inggris. Sesudahnya, Square Enix mengkonfirmasi hal ini pada situs mereka. Situs resmi mereka telah ditambahi dengan info tentang perilisan serta jam hitung mundur yang telah disesuaikan dengan jadwal.

Advent Pieces: Limited

Advent Pieces: Limited (juga bisa disebut Ultimate Edition) adalah versi kolektor terbaik dan termahal Advent Children. Jumlah produk ini terbatas, hanya berjumlah 77777 buah. Advent Pieces dikemas dalam sebuah kotak spesial beserta tambahan fitur-fitur yang berisi:

* Final Fantasy VII: Advent Children DVD standar (versi Jepang)
* Disk spesial
o Last Order: Final Fantasy VII OVA
o Advent Children: Special Edition
o The Distance: The Making of Final Fantasy VII
o Adegan-adegan yang dihapus
o Kumpulan trailer Final Fantasy VII: Advent Children
+ Tokyo Game Show 2003 - Hari 1, 2, dan 3
+ Jump Festa 2003
+ E3 2004
+ Tokyo Game Show 2004
+ Jump Festa 2004
+ E3 2005 [trailer penuh]
* Action figure Cloud dan motornya, Fenrir
* Topi dengan tempat penyimpanannya
* Gantungan kunci yang dinomori
* T-shirt
* Skrip
* Final Fantasy VII International + display stand

Rilis DVD Amerika Utara

DVD dari Amerika Utara ini berisi 2-Disc set yang termasuk dalam fitur-fitur bonus berikut ini:

* Disc 1
o Reminiscence of Final Fantasy VII
* Disc 2
o Adegan-adegan yang dihapus
o The Distance: The Making of Final Fantasy VII
o Footage Final Fantasy VII: Advent Children dalam Festival Film Venice.
o Kumpulan trailer Final Fantasy VII: Advent Children
+ Tokyo Game Show 2003 - Hari 1, 2, dan 3
+ Jump Festa 2003
+ E3 2004
+ Tokyo Game Show 2004
+ Jump Festa 2004
+ E3 2005
o Koleksi trailer Compilation of Final Fantasy VII
+ Compilation of Final Fantasy VII
+ Before Crisis: Final Fantasy VII
+ Crisis Core: Final Fantasy VII
+ Dirge of Cerberus: Final Fantasy VII
+ Final Fantasy VII: Advent Children


Ponsel Cloud Black


Ponsel yang digunakan Cloud adalah Panasonic FOMA P900iV Phone, yang tidak tersedia di Amerika. Rencana untuk membawanya ke Amerika dan Eropa mulai dipertimbangkan, paling tidak sampai sistem koneksi i-mode tersedia di luar Jepang. Rumor mengatakan bahwa ponsel ini dibarengi dengan Before Crisis: Final Fantasy VII, walaupun tidak ada pernyataan resmi. Ada pilihan warna berbeda untuk ponsel ini, Cloud mempunyai model tersendiri yang disebut "Cloud Black".


Original Sound Track

Final Fantasy VII: Advent Children - Original Soundtrack yang terdiri dari 2-disc soundtrack yang berisikan 26 track aransemen musik. Soundtrack berisi original score yang dibuat khusus untuk film ini dan beberapa dari track Final Fantasy VII yang telah di-remix. Lagu Calling juga diikutsertakan, lagu ini dinyanyikan oleh seorang anggota band rock Jepang Boøwy, Kyosuke Himuro.


Lain-Lain
* Sebuah video klip lagu "CALLING" diperlihatkan setelah kredit akhir (End Credits) memperlihatkan Cloud yang sedang mengendarai motornya, Fenrir, melewati berbagai pemandangan nyata Hawaii (gabungan antara animasi CGI dengan lingkungan nyata). Dalam kredit tambahan ini, Aerith muncul di padang bunga, melihat Cloud melewati padang bunga itu.
* Pada sketsanya, Kadaj disebut "Lost Name" karena dia belum punya nama pada saat itu.
* Sebelumnya, subtitel dari film ini adalah "Reunion" tapi Nomura merasa judul seperti itu tidak menggambarkan "kembali lagi", jadi ia melakukan beberapa eksperimen dan menemukan kata "Advent" yang digunakan untuk mengartikan "kedatangan kedua". Nojima, menginginkan "Children" di judulnya, jadi dua kata tersebut digabung. Nojima mengatakan bahwa judul itu cocok untuk menggambarkan kembalinya FFVII dan bahwa Sephiroth akan muncul kembali dalam film ini.
* Pertarungan terakhir antara Cloud melawan Sephiroth dimulai pukul 18:00 pada hari kedua dalam cerita dan dia terbangun pada pukul 7:00 di gereja Aerith pada hari ketiga.
* Menurut Nomura, penggunaan Materia akan menyerap energi kehidupan planet. Ini menunjukkan mengapa para tokoh protagonis tidak menggunakannya sama sekali.
* Keseluruhan film ini menghabiskan waktu tiga hari (dalam cerita), dimulai pada siang hari pada hari pertama dan diakhiri pada pukul 7:00 pada hari ketiga.
* Serigala yang sesekali muncul dalam film ini merupakan lambang dari penyesalan dan kesendirian Cloud.
* Menurut Nozue, pakaian para tokoh film ini semakin kotor seiring cerita berjalan.
* Para staf pembuat film menyebut gadis yang membawa Moogle di dalam film ini sebagai "Gadis Moogle".
* Fukui memberi judul pengerjaan "Arabia" untuk lagu Beyond The Wasteland, salah satu soundtrack dalam film ini.[rujukan?]
* Ketiga pemuda berambut perak itu menggambarkan karakteristik Sephiroth; Loz menggambarkan penampilan maskulinnya, Yazoo menggambarkan daya tarik feminimnya, dan Kadaj menggambarkan kekejamannya.
* Tidak seorangpun dari ketiga pemuda berambut perak ini (Kadaj, Loz dan Yazoo) diberi umur yang jelas. Satu-satunya cara mengetahui umur mereka adalah dengan melihat seberapa tua mereka. Kadaj adalah yang termuda di antara tiga bersaudara ini.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar